Minggu, 27 November 2011

Tepat Memakai Sunblock

Diposting oleh Cho hyun na di 11.01
Tepat Memakai Sunblock
Jenis-jenis Sunblock
1.        Sunblock Gel


Biasanya berformula dasar air dan cocok untuk kulit yang berminyak dan mudah berjerawat, karena mudah menyerap dalam kulit. Tipe ini juga cocok untuk kulit kombinasi normal-berminyak. Hanya saja, harganya lebih mahal dibanding sunblock jenis lain.
2.      Sunblock Cream


Cocok untuk kulit yang sensitive karena tidak menyebabkan iritasi jika dibandingkan dengan gel atau lotion. Cocok juga untuk kulit yang kering karena bersifat melembapkan.
3.      Sunblock Lotion


Lotion merupakan bentuk ideal dari sunblock karena mudah menyerap pada kulit dan mampu mencegah kulit kering dan terkelupas. Fungsinya nggak jauh berbeda dari cream hanya saja lotion tidak berminyak.
4.      Sunblock Spray


Bagi yang memiliki kulit lebih gelap dan ingin agar kulit tidak terlihat pucat saat memakai sunblock, bisa menggunakan sunblock yang berbentuk spray. Sunblock ini tidak cocok untuk kulit kering karena berbahan dasar alcohol yang akan membuat kulit menjadi semakin kering.
5.      Sunblock Stick


Bentuknya lebih tebal, merekat lebih lama. Baik untuk perlindungan yang lebih lama. Jenis sunblock ini tidak dianjurkan untuk kulit yang berjerawat karena sifatnya yang menutup pori-pori, membuat jerawat bertambah banyak.     
Cara Memilih Sunblock
1.      Pilih sunblock yang bisa menangkal sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). UVA yang menyebabkan kulit kita terbakar dan terkelupas, sedangkan UVB yang membuat kulit kita menjadi lebih gelap.
2.     Perhatikan tingkat SPF yang ada dalam sunblock. Rumusnya adalah lama waktu kulit kita bertahan dari sengatan matahari dikalikan SPF, lalu dibagi 60 menit. Jadi, seandainya kulit kita mampu bertahan dari sengatan matahari selama 5 menit dan sunblock yang kita pakai mengandung SPF 15, maka perhitungannya : (5 x 15) : 60 menit = 1 jam 15 menit. Artinya setelah waktu itu perlindungan sunblock habis, dan kita harus mengoles ulang.
3.     Untuk kulit yang lebih putih, membutuhkan tingkat SPF yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulit yang lebih gelap.
4.    Pilihlah sunblock yang waterproof dan tahan keringat (sweatproof) supaya nggak mudah terhapus oleh air dan keringat.
Cara Menggunakan Sunblock
1.      Oleskan dalam jumlah yang banyak terutama pada daerah kulit yang kering kira-kira 20 menit sebelum berpergian  supaya sunblock lebih menyerap. Gunakan pada kelopak mata, hidung, telinga, leher, tangan dan kaki.
2.     Jangan lupa untuk memerhatikan juga bibir kita, karena bagian itu mendapatkan paparan sinar matahari lebih banyak dari pada area lain  pada wajah. Jadi pilihlah lipgloss yang juga mengandung SPF.
3.     Untuk menghindari kulit belang, oleskan sunblock secara merata termasuk ke daerah lipatan, seperti lengan dan ketiak.
4.    Untuk kulit yang memiliki reaksi alergi tertentu, gunakan sunblock yang mengandung zinc oxide dan titanium oxide. Hindari sunblock yang mengandung para-aminobenzoic acid (PABA).

0 komentar:

Posting Komentar

 

all about girl.. Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare